Jumat, 02 Juni 2017

Cara Agar Kucing Gemuk dan Sehat

Tidak sedikit para cat lovers sering bertanya-tanya tentang bagaiman caranya agar kucing gemuk dan sehat? Karena bagaimanapun juga, karakter setiap kucing tidak sama. Mulai dari tidak milih-milih makan yang diberikan ownernya bahkan sampai yang milih-milih makanan. Oleh sebab itu, sebagai cat lovers harus pintar-pintar memutar otak supaya si kucing mau makan dan sehat badannya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwasannya kucing gemuk dan sehat tidak serta merta dari kemampuan dia untuk makan, karena ada juga tipe kucing banyak makannya tapi kondisi badannya tidak berkembang sesuai yang diharapkan. Lagi-lagi ini juga masalah. Maka dari itu, demi si kucing kesayangan mari kita cari tahu hal-hal yang yang perlu diperhatikan untuk membentuk badan ideal kucing

Cara Mudah Agar Kucing Gemuk dan Sehat

1. Gemuk belum tentu sehat
 kucing gemuk 
Hal ini lebih tepatnya berat badan ideal kucing. Kenali ras, ciri dan karakteristik kucing yang kamu punya. Misal jeniskucing abyssinian, pastinya salah kalau berbadan gemuk. Karena dalam hal ini saya hanya mengenal karakter kucing persia jadi pendekatan kasusnya tentu yang berhubungan dengan karakter kucing persia. Untuk kucing persia, normalnya memiliki berat 2,5kg-5kg pada betina, dan 3kg-6,5kg pada jantan. Tapi tentunya harus dilihat balance-nya, dilihat dari struktur tulangnya. Ada kucing yang struktur tulangnya kecil, berat 4kg sudah terhitung overweight. Ada kucing yang tulangnya besar, walau beratnya sudah 4kg masih terbilang kurus.
2. Hindari stres pada kucing
 stres 
Kucing yang stres, tidak bahagia akan berdampak pada nafsu makannya. Berikan perhatian lebih ketika kucing terlihat murung. Karena dia akan bertahan untuk tidak makan dan meniadakan rasa lapar hingga kondisi nya sakit bahkan lebih fatal hingga kematian.
3. Cek kesehatan kucing
 med Kucing yang sebelumnya doyan makan, mendadak nafsu makannya berkurang perlu dicurigai untuk di cek kesehatannya. biasanya berkaitan dengan penyakit diare, jamur, kutu, radang gusi, flu, dan lain lain. Termasuk obat cacing untuk kucing jangan sampai telat ya! 
4. Pengaruh hormonal kucing
 wed 
Ketika sudah masuk usia dewasa, hormon reproduksi kucing mulai aktif. Kucing yang sedang minta kawin tentu lebih sibuk dan menuntut perhatian dari kucing lawan jenisnya daripada untuk makan. Pisahkan kucing betina dari kucing jantan jika belum akan dikawinkan. Atau steril adalah solusi baik jika tidak berencana untuk breeding. 
5.Cek riwayat genetik/keturunan
 fam 
faktor genetik berperan dalam perkembangan tumbuh kembang si kucing. Kucing yang bersal dari indukan yang berbadan besar, biasanya akan menurunkan badan besar juga pada anakannya. Tentunya tetap harus didukung dari faktor perawatannya. Misalnya di kami, kucing kecubung jantan kami yang bernama zoro beratnya 6,5kg. Anak-anaknya membawa genetika badan besar, tapi ketika tidak dirawat dengan maksimal, dengan pemberian nutrisi yang baik, tentunya badannya tidak sebesar induknya. 
 6. Monitor perkembangan berat badan kucing
 nimbang 
Selama program penggemukan, lakukan timbang dan catat perkembangan minimal seminggu sekali sehingga diketahui apakah kucing gemuk atau tidak. jika terjadi penurunan maka perlu dimbil beberapa tindakan. Bahkan ketika kucing baru lahir, timbang dua kali sehari sampai usia dua bulan. Masa emas pertumbuhan kucing adalah sejak lahir hingga usia satu tahun, berikan asupan yang maksimal dan berkualitas selama masa-masa tersebut. 
7. Penambahan jumlah makanan
 nambah Barangkali jumlah makanan harian yang disediakan untuk kucing kurang banyak, maka perlu ditambah. Berilah sedikit-sedikit dan selalu tersedia dalam mangkuk makanan nya. Pemberian makanan sekaligus banyak cenderung akan diacuhkan oleh kucing. Dan pastikan pemberian makanan dryfood yang berkualitas. Misalnya dryfood dengan level grain-free. 
8. Penambahan jumlah asupan kalori harian
 daging 
Penambahan jumlah kalori dapat diperoleh dari pemberian daging mentah ataupun diet raw food. Tentu saja ada cara-cara khusus dalam pemberiannya agar kucing tidak terkontaminasi oleh bakteri yang terdapat dalam daging mentah. Diet raw food ini akan kami ulas secara spesifik pada lain kesempatan. Kalori tinggi juga terdapat dalam vitamin yang berbentuk pasta gel. Kucing biasanya menyukainya, dapat langsung dijilat atau ditambahkan ke makanan. 
9. Pantau kemampuan cerna makanan pada kucing
 perut 
kemampuan cerna makanan pada kucing yang baik bisa dilihat dari kotorannya. Biasanya hal ini terkait juga dengan kualitas makanan si kucing. Kotoran yang banyak dan basah kurang baik, menandakan banyaknya jumlah yang seharusnya diserap badan si kucing tapi malah terbuang lewat kotoran. 
10. Kurangi aktivitas kucing
 tidor 
 Biasanya ini permasalahan pada anak kucing, mereka senang sekali bermain dan lari larian. Berikan waktu istirahat pada kucing, biarkan mereka untuk tidur dan makan. Bermainlah secukupnya, karena aktivitas lari dan melompat tentu membakar kalori mereka. Biarkan mereka tidur dan bersantai di dalam kamarnya.
11. Penggunan AC dalam ruangan
 dingin 
Ruangan yang dingin akan membuat kucing menjadi lebih malas dan dapat meningkatkan daya nafsu makannya. 
12. Bujuk kucing dengan makanan yang berbau tajam
 makan kaleng 
Apabila memiliki kucing yang pemilih, boleh dicoba membujuknya dengan makanan yang berbau cukup tajam. Biasanya terdapat pada makanan basah kalengan. Nafsu makan kucing diaktifkan melalui indra penciumannya
13. Hand feeding
 bantu makan 
 Ini adalah solusi yang perlu ketelatenan. Dilakukan jika kucing tidak makan sama sekali. Bantu kucing untuk makan dengan disuapi. Biasanya dilakukan menggunakan spuit (suntikan). Tapi jangan sampai dipaksa ya (force feeding) 
14. Pemberian vitamin
 vitamin 
 konsultasikan ke dokter hewan. vitamin b12 biasa diberikan untuk menstimulasi nasfu makan 
15. Perhatikan kondisi dan kualitas bulu kucingkucing gemuk dan sehat 
Penampilan kucing yang sehat, juga didukung oleh kondisi dan kualitas bulunya. Hindari bulu rontok berlebih yang akan membuat kucing lebih sering menjilat dan muntah karena hairball. Kucing juga akan terlihat gemuk dan sehat kalau kualitas bulu-nya sehat dan indah. Jangan lupa untuk grooming rutin setiap minggu ya!Penyebab bulu kucing rontok Dari beberapa poin diatas, maka dapat ditarik kesimpulan, bahwasannya perhatian kita sebagai owner sangat dibutuhkan oleh kucing. Karena kebutuhan tiap tiap kucing berbeda, dan sebagai owner pasti lebih paham karakter dan kesukaan kucing yang dimilikinya sehingga hal tersebut akan berdampak padakucing gemuk dan sehat atau sebaliknya

Cara Agar Kucing Gemuk dan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kucing Raas

0 komentar:

Posting Komentar